Tips Menjemput Jodoh Secara Islami

Tips Menjemput Jodoh Secara Islami - Jodoh adalah rahasia Allah yang tidak bisa kita ketahui, dimana, kapan dan dalam keadaan apa nanti kita dipertemukan dengan jodoh yang telah Allah tetapkan. Ada yang dalam usia muda sudah dipertemukan dengan jodohnya, namun tidak sedikit juga yang usianya sudah memasuki kepala tiga namun belum juga ketemu dengan jodohnya, tidak jarang hal ini menimbulkan kegelisahan, rasa malu dengan keluarga dan lingkungan sekitar yang akhirnya menimbulkan rasa minder didalam pergaulan.

Mengapa Jodoh Belum Juga Datang? Dari pertama sudah dijelaskan bahwa jodoh adalah rahasia Allah, namun sebagai manusia kita diperintahkan untuk berikhtiar, sebagaimana dijelaskan oleh Allah SWT didalam Al-Quran: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka.” (QS. Ar-Raad: 11).

Namun hendaknya kita harus berhati-hati dalam berikhtiar, jangan sampai ikhtiar yang dilakukan justru malah melanggar aturan-aturan Allah dan agama islam. Banyak sudah yang terjebak dalam ikhtiar dalam mencari jodoh ini, terjerumus kedalam lingkup setan yang bernama pacaran, sehingga melakukan hal-hal yang seharusnya terjadi setelah pernikahan, akhirnya seringkali berakhir dengan penyesalan yang berkepanjangan.

Sebagai muslim sebaiknya kita tetap melakukan ikhtiar-ikhtiar dengan cara-cara yang islami, sehingga meskipun berakhir dengan tidak berjodohnya kita dengan orang yang kita cintai, minimal tidak ada pihak-pihak yang dirugikan.

Tips Menjemput Jodoh Secara Islami

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjemput jodoh secara islami:

Baca Juga: Lelaki Seperti Inilah Yang Sedang Kunanti.

1. Jangan terlalu larut ketika rasa cinta terhadap lawan jenis mulai datang menghampiri.

Cinta adalah sebuah perasaan yang kadang melenakan, jika rasa cinta ini datang, maka apapun yang dimiliki bisa jadi akan diberikan kepada orang yang dicintai, dalam berbagai kasus sudah kita jumpai bahwa banyak kaum wanita yang menyerahkan kehormatannya kepada pria yang dicintainya, padahal belum tentu orang tersebut adalah jodohnya, oleh karena itu terutama kaum wanita hendaklah berhati-hati dalam hal ini, jika salah langkah pasti kaum wanita juga yang akan rugi.

Kuasailah rasa cinta itu, jangan sampai dikuasai oleh perasaan cinta itu, karena jika dikuasai oleh rasa cinta tersebut pasti kita yang akan menjadi budak yang diperintahkan oleh rasa cinta tersebut.

2. Jika memang mencintai seseorang perbanyak sholat istikharah dan lakukan ta'aruf.

Sholat Istikharah adalah sholat sunat yang dilakukan untuk memohon petunjuk kepada Allah akan suatu pilihan apakah itu baik atau tidak bagi kehidupan kita, dengan sering melaksanakan sholat istikharah, Allah akan memberikan petunjuk apakah orang yang kita cintai itu baik atau tidak bagi kehidupan kita.

Sedangkan Ta'aruf adalah proses penjajakan dan perkenalan tanpa harus saling berkenalan apalagi berhadap-hadapan dan berkhalawat seperti yang sering dilakukan dalam aktifias pacaran.

Proses ta'aruf yaitu kita mengenali orang yang kita cintai dengan menanyakannya kepada temannya atau kepada orang tuanya.

3. Hindari perbuatan-perbuatan maksiat yang mungkin terjadi selama masa penantian.

Ingatlah bahwa selama orang yang kita cintai itu belum resmi menjadi suami/istri, dia bukan mahram kita, jadi masih haram dan belum halal untuk kita miliki, justru banyak yang terperangkap dalam hal ini, karena terbuai oleh rasa cinta akhirnya melakukan hal-hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan.

4. Perbanyak berdo'a memohon jodoh kepada Allah SWT.

Do'a adalah senjata bagi umat islam, do'a juga merupakan tanda lemahnya kita sebagai hamba jika dibandingkan dengan kekuasaan Allah SWT.

Dan inilah do'a yang dianjurkan didalam Al-Quran untuk memohon jodoh/pendamping hidup: "Rabbi Laa Tadzarnii Fardhaan Wa Anta Khairul Waaritsiin."

Artinya: "Yaa Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku hidupku seorang diri dan Engkaulah pewaris yang paling baik." (QS : Al-Anbiya: 89).

Demikianlah beberapa tips untuk menjemput jodoh secara islami, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan bagi yang sedang menunggu jodoh semoga Allah SWT segera mempertemukan denhan jodoh yang sholeh/sholehah, Aamiin.

Labels: ,