Jodoh Yang Sholeh Sholehah Itu Penting

Jodoh - Bagi setiap lelaki dan wanita yang sedang mencari jodoh, harus memohon agar Allah SWT memberikan jodoh orang yang baik (sholehah/sholeh). Di samping berdoa, mintalah bantuan ibu bapa agar dapat mencari pasangan yang soleh. Tindakan ini adalah lebih baik dari mencari sendiri demi menghindarkan dirinya dari fitnah dan maksiat.


Di dalam Al-Quran Surah An-Nur ayat 26 Allah SWT berfirman:  "Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanitayang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)."

Oleh karena itu, untuk kepentingan keluarga dan masyarakat, baik bagi wanita maupun lelaki hendaklah menikah dengan orang yang sama dalam pengalaman agamannya.

Baca Juga: Jodoh Akan Tetap Berjodoh Juga.

Karena walaupun wanita pada mulanya adalah seorang yang sholehah, taat beragama, apabila menikah dengan lelaki yang berperangai keji, maka wanita itu pasti akan sukar untuk mempertahankan kebaikan serta ketaqwaannya.

Tidak ada fitnah yang lebih besar di permukaan bumi ini bagi seorang wanita yang sholehah seandainya ia hidup di tengah-tengah lelaki fasiq, yang tidak mengendahkan sama sekali erti perdamaian dan kesestiaan.

Kalaupun ada wanita yang ingin tetap bertahan dengan suami yang seperti itu, mungkin ia akan dipengaruhi oleh perangai suaminya, hingga lambat laun akan luntur ketaatan agamanya.

Jika kita telah bertaubat dengan taubat nasuha atau taubat yang sebenarnya, berarti kita telah kembali bersih, seperti anak manusia yang baru dilahirkan, maka peluang untuk memperoleh pasangan yang baik dan mulia itu, insya Allah akan dikabulkan Allah SWT.

Labels: